Jumat, 18 Maret 2016

Ujian SBMPTN 2014 Sehari untuk 64 PTN dan Cara Penilaian SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini banyak mengalami perubahan.

Salah satunya, pelaksanaan ujiannya dipangkas menjadi satu hari. Ketua Panitia Lokal (Panlok) 23 Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof Dr Zulkifli Dahlan MSi mengatakan, biasanya setiap tahun durasi tes selalu dilaksanakan dua hari dengan jadwal hari pertama untuk Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan hari kedua untuk Tes Kemampuan Bidang (TKB) sesuai pilihan peserta.

“Tes akan dilakukan selama satu hari pada 17 Juni mendatang dan rencananya akan diikuti 64 PTN di Indonesia, termasuk IAIN Raden Fatah Palembang. Meskipun hanya dilakukan selama satu hari, SBMPTN tetap mencakup dua mata uji untuk tiap bidang ilmu,” ungkap Zulkifli kepada Sumatera Ekspres, kemarin (9/4).

Untuk bidang sains dan teknologi, mata ujinya adalah Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek). “Sedangkan untuk bidang sosial dan humaniora, mata ujinya adalah TKPA dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum),” terangnya.


Bagi pendaftar untuk bidang campuran, ada tiga mata uji. TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum. Untuk tes keterampilan bagi program studi tertentu, akan dilaksanakan pada 18-19 Juni mendatang. “Setiap pendaftar dapat memilih dua PTN dengan jumlah program studi untuk dua PTN tersebut adalah sebanyak tiga program studi,” katanya.

Perubahan lain pada jalur tertulis SBMPTN, lanjut dia, yaitu tahun ini untuk penilaian 40:60 (tulis:UK), sedangkan 2013 lalu 50:50 (tulis:UK). Untuk peserta tes, merupakan siswa lulusan sekolah menengah atas (SMA) sederajat dari kelulusan tahun 2012, 2013, dan 2014.

"Pendaftaran sendiri akan dimulai 12 Mei sampai 6 Juni mendatang dan hasilnya akan diumumkan 16 Juli mendatang. Namun, saat ini kita masih fokus untuk proses SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri),” tukasnya.



Sumber : http://www.sumeks.co.id/metro/plg/pnddkn/7511-pelaksanaan-ujian-sbmptn-digelar-sehari
Oleh : Ardhi Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews