Jumat, 18 Maret 2016

Dengan Begini, Kecurangan dalam SBMPTN jadi Mustahil..!!!

Ini info tahun kemarin. Semoga bisa di jadikan referensi dan bahan bacaan... :)

Pelaksanaan Ujian Tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 memang masih satu bulan lagi. Namun, Ketua Pokja SBMPTN 2014 M Zainuddin optimistis pelaksanaan SBMPTN akan terbebas dari tindak kecurangan.

Zain menyebut, tiga sistem pengamanan dalam SBMPTN 2014 membuatnya yakin praktik kecurangan akan bisa diminimalisasi. Pertama, adanya prosedur operasional baku, termasuk mengecek identitas peserta dengan menggunakan minimal dua identitas mereka untuk mencegah perjokian.

"Satu ruang isinya 20 siswa dengan dua pengawas. Jadi, 10 orang yang memeriksa satu pengawas. Yang dilihat harus dua identitas, yakni kartu peserta dan KTP atau SKUN. Kemudian, mereka harus tanda tangan di tiap lembar keterangan. Dari awal hingga terakhir ujian," papar Zain dalam jumpa pers di Hotel Ambhara, Blok M, Jakarta Selatan, Kamis (8/5/2014).

Nah, makanya harus benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh. Gunakan seluruh kesempatan yang ada saat ini, sehingga kamu tidak menyesal. Ngulang tahun depan lho kalau gagal atau mungkin kamu mau masuk swasta..

Kedua, lanjutnya, melarang peserta menggunakan telepon seluler selama ujian. Handphone, lanjutnya, harus diserahkan kepada pengawas dan dalam keadaan mati.

"Adanya modus operandi elektronika dengan menggunakan HP. Kami jaga mereka tidak boleh menggunakan HP. Semua HP dititipkan ke pengawas dan dalam keadaan mati. Kita percaya dimulai dari ketidakpercayaan. Kami juga mencari modus operandi lain yang mungkin digunakan peserta untuk berbuat curang," ungkapnya.


Kemudian, kata Zain, adanya anti crime system untuk mendeteksi jawaban yang mencurigakan saat pemindaian. Sehingga jawaban-jawaban peserta yang terlihat mencurigakan akan dengan mudah ketahuan.

Zain pun menegaskan agar para peserta tidak tergiur dengan kunci jawaban SBMPTN yang ditawarkan oleh oknum. Sebab, lanjutnya, kunci jawaban hanya berada di tangan Ketua Panitia SBMPTN 2014 hingga hari pemindaian.

"Kadang-kadang banyak beredar kunci. Jawaban itu semua orang bisa bikin. Kunci jawaban SBMPTN 2014, hingga satu hari sebelum validasi tetap ada di tangan Pak Ganjar (Ketua SBMPTN 2014). Jadi jangan coba-coba. Jangan terima jawaban dari siapa pun karena itu tidak benar," imbuh Zain


Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2014/05/08/560/982297/trik-panitia-sbmptn-2014-tangkal-kecurangan
Oleh : ardhi Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews