Jumat, 18 Maret 2016

Perbedaan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) VS Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Judul di atas adalah sebuah pertanyaan dari adek kelas gw di SMA di chattingan fb ke gw, gw ga langsung jawab pertanyaan tersebut soalnya gw agak bingung gimana cara ngejawabnya. gw  langsung buka google dan gw search artikel tentang perbedaan tersebut. setelah membaca beberapa artikel, pengalaman dari gw dan pengalaman dari senior2 gw, gw menyimpulkan beberapa hal
  1. Tentang biaya, sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar calon mahasiswa tidak memilih perguruan tinggi swasta karena biaya kuliahnya yang mahal terutama mereka yang kurang mampu. hal itu wajar karena perguruan tinggi swasta tidak disubsidi oleh pemerintah sedangkan perguruan tinggi negeri disubsidi oleh pemerintah. perguruan tinggi swasta sangat menggantungkan diri mereka kepada biaya yang mereka dapat dari mahasiswanya dan lembaga yang menyupport mereka.
  2. tentang kualitas, mind set sebagian besar masyarakat indonesia termasuk orang tua kita sendiri menganggap perguruan tinggi negeri memilik kualitas lebih baik dibanding perguruan tinggi swasta. penilaian tersebut didasarkan pada akreditasi perguruan tinggi negeri yang lebih baik dari perguruan tinggi swasta. tapi buat gw itu tidak bisa dijadikan acuan karena sebagus apapun akreditasi sebuah perguruan tinggi tapi kalau diri kita sendiri tidak kompeten, tetap akan sama saja. kalau tentang kualitas ini semua tergantung kepada pribadi kita masing2, sanggup ga kita ngejalanin hidup sebagai mahasiswa. gw juga pernah membaca sebuah artikel, disitu disebutkan kalau perguruan tinggi negeri mendidik mahasiswanya menjadi seorang peneliti sedangkan perguruan tinggi swasta mendidik mahasiswa untuk mencari pekerjaan. dan gw juga ngerasain hal tersebut, kebetulan gw kuliah di swasta.
  3. tentang prospek kerja, kebanyakan fresh graduate masih minim pengalaman, disinilah keunggulan lulusan perguruan tinggi swasta. mereka memiliki skill yang lebih bagus dari lulusan negeri karena mereka memang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga kerja handal. dan juga perguruan tinggi swasta lebih memiliki koneksi dengan perusahaan terkemuka.
  4. tentang dosen pengajar, di perguruan tinggi negeri dosennya berasal dari PNS sedangkan di perguruan tinggi swasta dosennya berasal dari berbagai latar belakang. dosen di negei terikat dengan kurikulum pemerintah sedangkan di swasta dosen diberikan kebebasan untuk mengungkapkan ide2 mereka asal tidak melampaui batas.
Demikianlah uraian gw tentang perbedaan perguruan tinggi negeri dengan perguruan tinggi swasta
pesan gw buat calon mahasiswa, jangan takut memilih perguruan tinggi swasta, prestasi dan prospek kerja kalian ntar itu tergantung pada diri kalian sendiri bukan pada perguruan tinggi yang kalian pilih.



Sumber : realworld-gunanda.blogspot.com
Oleh : Ardhi Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews