Jumat, 18 Maret 2016

Cara Maksimal dalam Tryout dan Lulus Ujian


Hai, kali ini saya akan membagikan tips yang lumayan bermanfaat untuk adik-adik yang akan menghadapi Ujian Nasional tahun 2014 ini. Tips ini merupakan tips sederhana yang bisa saya bagi dan berlaku untuk yang akan menghadapi UN (entah UN SD, UN SMP, dan UN SMA atau SMK sederajat).

Mungkin UN sekarang lebih enak jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan nilai murni untuk menentukan kelulusannya. Namun sekarang, untuk menentukan kelulusan didampingi juga dengan nilai dari sekolah. Namun walau demikian,  jangan hanya sekedar lulus saja, tetapi harus dapat nilai yang sangat optimal, karena tingkat persaingan sekarang lebih banyak.

 Persaingan lebih banyak karena dalam UN sekarang angka kelulusannya banyak (bahkan bisa 99 % ataupun 100%). Persiapkan diri anda untuk menghadapi UN dan sekarang sempatkan watu anda untuk membaca dan menjawab pertanyaan dari saya..hi…hi…hi… Ini pertanyaannya:

Apa itu try out?
Apakah manfaat Try Out?
Apakah Try Out itu penting?
   
Mungkin adik-adik yang akan menghadapi ujian dengan tepat menjawabnya, bahwa try out itu merupakan salah satu tes uji coba yang biasanya dilakukan saat menjelang ujian, terutama saat akan UN. Manfaatnya sendiri, try out itu untuk mengukur kemampuan siswa akan kesiapannya dalam meyambut ujian. Dan kalau disuruh menjawab apakah try out itu penting, jawabannya adalah Ya…

Try Out itu penting, karena agar bisa mengasah otak kita dan kesiapan kita dalam menghadapi ujian. Dari yang tadinya Belum siap > Agak siap > Mulai siap > Siap > Lebih Siap > Sangat Siap dalam menjalani Ujian.



Bicara tentang tips menaikkan UN dengan menggunakan Try Out itu sangat dapat dilakukan. Inilah caranya menjadikan Try Out untuk mendongkrak Nilai UN (Ujian Nasional):


  1. Biasanya pada saat Try Out itu kan kita belum mendapat nilai yang maksimal (yang artinya kita belum siap dalam menghadapi UN) tetapi, jadikan nilai itu sebagai motivasi kalian agar menjadi semangat dalam belajar dalam menghadapi Ujian.
  2. Jika, Try Out sudah selesai dilaksanakan, jangan lupa untuk mencari jawaban yang benar dari soal-soal try out yang sudah dikerjakan dan tanyakan kepada guru kalian apabila kalian menemukan kesulitan dalam mengerjakannya.
  3. Perbanyaklah  melakukan try out, dan usahakan bahwa nilai yang kalian dapatkan semakin naik, jika belum naik jangan berkecil hati, tetapi lebih banyak belajar. 
  4. Semakin dekat Ujian Nasional, cara belajar kalian di ubah jika sebelumnya suka membaca dan menguasai materi sekarang diubah ke latihan mengerjakan soal-soal, namun jika materi belum dapat dikuasai tetaplah belajar ke materi didampingi dengan soal-soal latihan. Ada baiknya jika ada waktu kalian coba mengerjakan soal-soal UN tahun lalu, biasannya soal-soal UN itu tidak berbeda jauh dari soal UN sebelumnya, terlebih kalau kisi-kisinya sama pasti hampir mirip lah.
  5. Perlu diingat bahwa try out itu biasannya sangat mirip dengan soal di UN karena biasanya saat membuat soal Try Out , guru-guru mempertimbangkannya dan membuatnya berdasarkan kisi-kisi ujian. Maka dari itu soalnya hampir sama dengan yang akan kita hadapi di UN. (Sama dalam hal ini bukan berarti sama persis, namun sama dalam hal materi)

Itu saja tipsnya agar Try Out menjadi bermaanfat, tetapi anda jangan lupa untuk selalu Berdoa kepada Tuhan. Ingatlah bahwa setiap usaha yang kita lakukan harus diimbangi dengan Doa. Semoga kalian bisa mendapat nilai yang optimal di UN nanti…

Mungkin dalam postingan ini ada kesalahan ataupun banyak yang ngaco maka dari itu saya minta maaf, Salam.


Sumber : http://gigihpambudi.blogspot.com/2014/03/tips-hadapi-un-dengan-tuc.html
Oleh : Ardhi Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews