Jumat, 18 Maret 2016

Salah satu Trik Buat Lulus SNMPTN.. Calon Maba Wajib Baca..

SBMPTN  semakin dekat dan waktu tidak bisa diulangi. Tentunya yang ikutan seleksi SNMPTN memiliki kewajiban untuk bersikap optimis. Tetapi, jangan lupa kemungkinan gagal tetap ada. Jadi, kamu juga harus mulai mempersiapkan diri mempelajari soal-soal SBMPTN. Karena SBMPTN 2015, soalnya bakalan 6x lebih sulit dari soal Ujian Nasional. Mulailah dari sekarang.

Oh iya, kita akan mengadakan try out tanggal 15 Maret 2015 ini, gratisan, kamu akan dapat doorprize, penilaian keseluruhan hasil, pembahasan soal try out. Silahkan gabung dan daftar di grup facebook kita, klik DI SINI.

Mau tahu salah satu trik membuka peluang lebih besar dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jawabannya, jangan memilih program studi (prodi) yang berbeda dengan jurusan saat sekolah.

Sebab, kata Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Engkus Kuswarno, kecil kemungkinan hal itu akan berhasil.

"SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada kemampuan akademis pelajar dengan basis nilai rapor dari semester I hingga V. Jika memilih program studi lintas program, maka nilai-nilai untuk mendukung seleksi ke program studi tersebut tidak akan mencukupi," kata Engkus, seperti disitat dari laman Unpad, Selasa (10/3/2015).

Engkus pun merekomendasikan agar calon peserta SNMPTN memilih prodi sesuai jurusan saat kuliah. Artinya, pelajar dari jurusan IPA memilih prodi saintek, dan siswa jurusan IPS memilih prodi soshum.



Dalam sosialisasi SNMPTN di Aula SMAN 3 Bandung, Wakil Dekan II FMIPA Unpad, Gatot Riwi Setyanto, juga menekankan hal yang sama. Peluang siswa yang lintas jurusan untuk diterima di PTN cukup kecil.

Gatot memaparkan, saat penyeleksian, PTN akan melihat apakah siswa jurusan IPA akan memiliki nilai IPS yang lengkap atau sebaliknya. Faktanya, para siswa lintas jurusan ini hanya memiliki nilai untuk semua pelajaran pada semester I dan II. Nantinya, kata Gatot, nilai di kedua semester itu akan dibagi menjadi lima, sesuai aturan penghitungan lima semester.

"Para siswa tersebut pasti tersingkir dalam SNMPTN. Jadi apabila ingin mendaftar lintas program, sebaiknya memilih seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang menggunakan hasil ujian tulis," imbuh Gatot.

Seleksi pada SNMPTN menggunakan tiga indeks penilaian lain yaitu indeks siswa, indeks sekolah, dan indeks wilayah. Nilai rapor dan nilai akademis lain masuk pada indeks siswa.

Sementara itu, indeks sekolah meliputi reputasi sekolah, akreditasi, dan kinerja alumni di PTN. Menurut Engkus, jika alumni suatu sekolah diterima di PTN, maka hal itu akan memengaruhi citra sekolah tersebut.



Dia menjamin, Unpad tidak diskriminatif terhadap sekolah peserta SNMPTN. Selain itu, kampus negeri di di Tanah Sunda ini juga menggunakan dua jalur seleksi nasional yang lebih fair, adil, dan transparan.

"Tidak ada unsur yang mendiskreditkan sekolah lain," tutur Engkus.

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/03/10/65/1116226/jangan-lintas-jurusan-jika-mau-lulus-snmptn

Oleh : Ardhi Sukses
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews