Selasa, 03 Juli 2018

Gagal SBMPTN, JANGAN MENYERAH. Tips yang harus kamu lakukan

Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan mengumumkan hasil seleksi di situs resmi SBMPTN dan laman mirror 12 perguruan tinggi negeri (PTN) pada Selasa (3/6) pukul 17.00 WIB.

Hasil SBMPTN tersebut juga bisa dilihat di laman CNNIndonesia.com.

Dari total sebanyak 672.816 peserta regular dan 187.185 peserta Bidikmisi yang mengikuti seleksi SBMPTN, dipastikan sebagian besar tidak lulus masuk ke PTN.
Pasalnya, hanya ada 128.085 peserta yang dipastikan lulus sesuai dengan kuota ketersedian kursi yang tersedia tahun ini. Lebih dari 731 ribu peserta harus memupuskan harapannya untuk melanjutkan kuliah di PTN melalui SBMPTN.

Namun, jangan khawatir. Tidak lulus SBMPTN bukan berarti akhir dari segalanya dan Anda tidak sukses dalam kehidupan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tetap melanjutkan pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan.

Pastikan keputusan itu dipilih dengan matang setelah berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman seperti orang tua, guru dan senior yang sudah berkuliah atau bekerja.

Berikut beberapa pilihan yang dapat dilakukan jika tidak lulus SBMPTN.

1. Mengikuti ujian mandiri
Pilihan lain untuk dapat berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh PTN tersebut. Informasi mengenai ujian mandiri ini bisa didapatkan langsung di universitas terkait.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka ujian mandiri biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester. Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki.

Bantuan dana berupa beasiswa juga terbuka lebar dan dapat ditemukan dari berbagai pihak untuk melanjutkan uliah lewat jalur ujian mandiri ini.

2. Vokasi dan Politeknik
Selain ujian mandiri di PTN, pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi juga dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan. Untuk pendidikan vokasi umumnya menyediakan tingkat pendidikan D3 dan politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4.

Sistem pendidikan biasanya ini lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

3. Perguruan Swasta
Melanjutkan ke perguruan swasta juga menjadi opsi mendapatkan lanjutan pendidikan. Banyak perguruan swasta yang memiliki kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan PTN atau bahkan mengunggulinya.

Sebagai catatan, untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan swasta perlu melakukan pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Tak semua perguruan tinggi swasta juga menerapkan biaya yang mahal.

4. Mengulang SBMPTN
Tak ada salahnya untuk mengulang kembali SBMPTN pada tahun berikutnya untuk tetap berkuliah di PTN. Waktu satu tahun itu dapat dimanfaatkan untuk berlajar mempersiapkan diri fokus pada SBMPTN sehingga mendapatkan hasil maksimal.

5. Kerja
Sambil mempersiapkan diri untuk ikut ujian tahun depan, lo bisa coba kerja kecil-kecilan dulu. Itung-itung lo bisa dapat penghasilan tambahan dan enggak memberatkan orang tua lo yang mungkin mengharapkan lo udah mulai kuliah sekarang. Tapi, jangan keasyikan kerja. Ingat, kuliah bisa bikin lo mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Tadinya pas baru lulus SMA lo cuma bisa jadi SPG atau penjaga toko, misalnya, setelah lulus kuliah lo bahkan bisa manager! Kerja dulu boleh untuk menjajal pengalaman kerja, tapi tetap ingat tujuan lo untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya sampai bangku perkuliahan.

6. Bantuin orang tua
Kalo orang tua lo punya usaha atau bisnis dalam bentuk apa pun, lo bisa manfaatkan kesempatan nganggur satu tahun nanti untuk membantu orang tua lo. Anggap aja berbakti sama orang tua sekaligus menambah pengalaman kerja, bahkan sebelum lo kuliah. Sambil bantuin bisnis orang tua lo, lo bisa mengatur waktu belajar lo juga. Misalnya, lo ambil bimbel setiap hari Selasa dan Kamis. Berarti, lo bisa bantuin orang tua lo di hari lo enggak ada bimbel. Jadinya, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, deh.

7. Daftar Kampus Luar Negeri 
Enggak lulus SBMPTN jangan sampai menyurutkan niat lo untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Lo bisa lanjut berkuliah di kampus swasta, baik dalam ataupun luar negeri. Banyak beasiswa yang bisa lo ikuti. FYI, banyak tipe beasiswa loh. Enggak cuma beasiswa akademis aja. Enggak jarang beberapa kampus swasta terkenal memberikan beasiswa buat lo yang punya prestasi di bidang nonakademik, kayak olahraga ataupun di bidang kesenian. Intinya lo harus terus berusaha dan mengasah apapun bakat yang lo miliki.

Enggak ada alasan bagi lo untuk bermalas-malasan setelah tau lo enggak lulus SBMPTN. Masih banyak hal yang bisa lo lakukan dan masih banyak jalan menuju Roma, eh, maksud Viki, menuju bangku perkuliahan. Jangan gampang menyerah dan tetap semangat, ya, guys! Enggak lulus SBMPTN bukan akhir dari segalanya, kok!

Sumber :
  1. https://www.kincir.com/chillax/job-education/gagal-sbmptn-bukan-akhir-dari-segalanya
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180703094603-284-311008/tips-melanjutkan-kuliah-jika-tak-lulus-sbmptn-2018
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews